Tips Lakoni #WFH dengan Efektif

Mewabahnya virus Covid-19 mengubah kehidupan di banyak sektor. Salah satunya mengubah ritme aktivitas sebagian para pekerja, seperti yang tadinya diharuskan datang ke kantor atau tempat kerja, kini mau tidak mau harus bekerja dari rumah. Atau, yang kini dikenal dengan sebutan wfh (work from home). Di media sosial dan media digital lainnya pun saat ini diramaikan dengan hashtag #wfh.

Kedengarannya bekerja dari rumah itu enak ya. Tidak harus bangun pagi-pagi, lalu siap-siap ke kantor dan melewati jalanan yang sering kali macet. Tetapi, rupanya menerapkan #wfh tak semudah itu. Ada tantangan tersendiri yang harus dihadapi, seperti rasa malas atau menunda-nunda pekerjaan yang lebih sering timbul saat menerapkan #wfh. Kemudian, bagaimana caranya agar #wfh dapat berjalan efektif dan segala tugas pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik?

Komunikasi

Bagi Anda yang masih tinggal di rumah orang tua, berbagi tempat tinggal dengan kerabat, atau pasangan perlu mengomunikasi dengan baik perubahan jadwal bekerja Anda. Anda baiknya menyampaikan jam berapa akan bekerja dan diharapkan tidak saling mengganggu.

Berkomunikasi juga dapat membantu untuk menentukan jadwal pembagian melaksanakan pekerjaan rumah. Komunikasikan lah dengan baik agar toleransi waktu dan jadwal dapat tercipta. Hal ini penting agar aturan bersama keluarga, kerabat, atau pasangan dapat ditaati bersama.

Menyusun jadwal

Jika Anda termasuk pihak yang harus melakukan juga pekerjaan rumah, ada baiknya Anda tetap bangun pagi. Jadi, sebelum jam rapat digital Anda berlangsung, Anda dapat merapikan rumah atau memasak terlebih dahulu.  Menyusun jadwal dengan baik tentu akan sangat membantu Anda.

Nyalakan “mood” bekerja

Tetap bangun pagi selama #wfh, nyatanya dapat menjaga mood Anda untuk bekerja. Selain itu, tetap berpenampilan rapi saat #wfh juga diyakini dapat menyalakan dan menjaga mood untuk dapat bekerja seharian. Jangan lupa juga untuk sarapan ya.

Atur waktu istirahat

Meski #wfh lebih fleksibel dan santai, mengatur waktu istirahat layaknya saat di kantor juga tak kalah penting. Misalkan Anda telah bekerja dari jam 9 pagi, maka tetap laksanakan istirahat siang dari jam 12 hingga jam 1 siang. Kemudian lanjutkan bekerja lagi sampai sesuai jadwal yang telah Anda tentukan. Idealnya Anda tetap dapat bekerja 8 jam sehari.

Hindari tidur terlalu larut malam

Ini lah pentingnya untuk Anda membuat jadwal ketika #wfh, agar tetap disiplin. Atur waktu dari jam berapa hingga jam berapa Anda bekerja. Ada baiknya, Anda tetap bekerja di pagi hingga sore hari agar Anda tetap bisa mendapatkan waktu “me time” yang baik di malam hari. Tetap lah “menyetel” diri Anda untuk tidak tidur terlalu larut malam saat weekdays berlangsung.

 
 
 
Loading...