FAQ Survei Pabrik COVID-19

FAQ terkait Survei Pabrik Mengenai Dampak COVID-19

Apa yang dimaksud dengan Survei Pabrik COVID-19?

Survei Pabrik Covid-19 adalah survei yang digagas oleh WageIndicator - Gajimu yang berisi informasi terkait dampak pandemi Covid-19 terhadap kelangsungan bisnis perusahaan dan langkah perlindungan yang diberikan oleh perusahaan terhadap pekerjanya dalam menghadapi penyebaran virus dan pandemi Covid-19.

Survei Pabrik Covid-19 ini diisi langsung oleh Serikat Pekerja/Serikat Buruh tingkat perusahaan dan/atau pihak manajemen (HRD).

Hasil survei terkait infomasi kondisi pabrik selama pandemi Covid-19 ini akan ditampilkan di halaman INFO PABRIK dan Grafik Data Pabrik dalam situs Gajimu.com/garmen

 

Apa tujuan dilakukannya Survei Pabrik COVID-19?

Survey Pabrik Covid-19 ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang dampak dari pandemi Covid-19 terhadap kegiatan usaha dan langkah apa saja yang diambil perusahaan dalam menghadapi krisis Covid-19.

Hasil survei ini nantinya akan digunakan sebagai basis data untuk melakukan dialog dan negosiasi dengan institusi pemerintah dan/atau pihak terkait lainnya.

 

Apa manfaat mengisi Survei Pabrik COVID-19?

  • Hasil dari survei ini dapat menjadi basis data untuk melakukan dialog dan negosiasi dengan institusi pemerintah dan/atau pihak terkait lainnya. Ketika pembuat kebijakan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang tantangan yang dihadapi pekerja, mereka akan dapat lebih efektif mengembangkan kebijakan yang responsif terhadap kebutuhan pekerja.
  • Untuk memastikan institusi terkait (baik Pemerintah, Brands, Pengusaha, Serikat Pekerja/Serikat Buruh, organisasi non politik) memiliki data yang tepat untuk membuat keputusan yang tepat. Survei ini akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai bagaimana pandemi COVID-19 berdampak pada pekerja dan kelangsungan usaha di sebuah perusahaan.
  • Survei ini juga akan menyoroti langkah apa saja yang diambil perusahaan dalam menghadapi pandemi Covid-19, di mana pekerja dan pengusaha dapat berbagi informasi dan belajar dari cara bagaimana berbagai perusahaan menanggulangi krisis.

 

Apa saja isi konten Survei Pabrik COVID-19?

Survei Pabrik Covid-19 menanyakan pertanyaan - pertanyaan seperti:

  1. Langkah-langkah di pabrik sehubungan dengan penyebaran virus covid-19
  • penyediaan peralatan pribadi pelindung
  • penyediaan layanan Kesehatan
  • prosedur untuk pekerja yang terpapar Covid-19
  1. Dampak terhadap bisnis
  • kelangsungan produksi, penjualan, pasokan bahan baku
  • kebijakan terkait ketenagakerjaan yang diambil (merumahkan sementara, melakukan PHK,  atau pengurangan jam kerja)
  • jumlah pekerja yang terkena dampak kebijakan ketenagakerjaan yang diambil
  1. Apa yang diprediksi akan terjadi pada perusahaan dalam waktu dekat?
  2. Rekomendasi yang diusulkan bagi pihak terkait (Pemerintah dan/atau brands/buyer)

 

Siapa yang membuat Survei Pabrik Covid-19?

Survei Pabrik Covid-19 dibuat oleh peneliti dari WageIndicator dengan masukan dari Gajimu dan Trade Union Rights Center (TURC).

 

Apakah Survei Pabrik COVID-19 berlaku untuk semua sektor usaha?

Survei ini direncanakan akan dilakukan di Indonesia dengan fokus utama perusahaan-perusahaan manufaktur padat karya. Meski target diutamakan perusahaan – perusahaan yang bergerak di sektor garmen, tekstil, dan alas kaki, tetapi tidak menutup kemungkinan survei ini juga akan dilakukan untuk berbagai sektor/industri jika diperlukan.

 

Bagaimana metodologi survei yang digunakan oleh Gajimu?

Survei Pabrik Covid-19 ini menggunakan metode purposive sampling di beberapa perusahaan khususnya perusahaan yang bergerak di sektor garmen, tekstil, dan alas kaki dan tersebar di Indonesia. 

 

Bagaimana cara Gajimu memilih perwakilan dari perusahaan mana saja yang akan disurvei?

Sebelumnya Gajimu memiliki program Gajimu Garmen. Melalui program ini, Gajimu telah melakukan survei kelayakan kerja sehingga sudah memiliki kontak dengan perwakilan Serikat Pekerja/Serikat Buruh tingkat perusahaan dan/atau pihak manajemen (HRD) di perusahaan -perusahaan yang sudah pernah disurvei oleh Gajimu.

Di saat yang bersamaan, survei ini juga akan disebarkan kepada perusahaan-perusahaan lain di industri padat karya.

 

Siapa yang menjadi target responden Survei Pabrik Covid-19?

Target responden survei adalah perwakilan Serikat Pekerja/Serikat Buruh tingkat perusahaan dan/atau pihak manajemen (HRD).

 

Siapa yang melaksanakan Survei Pabrik Covid-19?

Tim Gajimu memiliki 10 Interviewer, yang merupakan kandidat pilihan dari Serikat Pekerja/Serikat Buruh di masing-masing daerah yang dilatih secara intensif oleh Gajimu dan Trade Union Rights Center (TURC) dalam program Data Academy.



Bagaimana pelaksanaan dan proses kerja Survei Pabrik Covid-19?

Pelaksanaan Survei Pabrik Covid-19 dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

  1. Responden dipandu via telepon oleh Interviewer Gajimu untuk mengisi Survei Pabrik Covid-19

Proses Kerja

  •   Interviewer Gajimu akan menghubungi dan melakukan sosialisasi terkait Survei Pabrik Covid-19 kepada Serikat Pekerja/Serikat Buruh di tingkat perusahaan dan/atau manajemen perusahaan (HRD)
  •   Interviewer akan menjadwalkan kapan responden dapat diwawancara lewat telepon
  •   Interviewer akan memandu proses pengisian Survei Pabrik Covid-19, dan langsung menginput jawaban dari responden ke dalam aplikasi Survei Pabrik Covid-19
  •   Hasil Survei Pabrik Covid-19 akan dianalisa dan ditampilkan dalam bentuk visualisasi data, di mana visualisasi data tersebut akan ditampilkan di situs Gajimu.com/garmen dan dapat diakses oleh semua orang secara gratis
  •   Pengunjung situs Gajimu dapat mengetahui bagaimana kondisi kerja di setiap pabrik garmen yang telah disurvei dalam masa pandemi Covid-19
  •   Visualisasi data Survei Pabrik Covid-19 nantinya akan dikirimkan kepada pihak-pihak terkait (Pemerintah, Brands, Pengusaha, Serikat Pekerja/Serikat Buruh, organisasi non politik) sebagai informasi dasar untuk memicu dialog sosial agar dapat lebih efektif mengembangkan kebijakan yang responsif terhadap kebutuhan pekerja

 

  1. Responden mengisi sendiri Survei Pabrik Covid-19

Perwakilan Serikat Pekerja/Serikat Buruh tingkat perusahaan dan/atau pihak manajemen (HRD) mengisi online survei dimana tautan online survei akan diberikan oleh interviewer.

Proses Kerja

  •   Tim Gajimu dan TURC akan membagikan tautan Survei Pabrik Covid-19 beserta penjelasan teks mengenai Survei Pabrik Covid-19 ini kepada Serikat Pekerja/Serikat Buruh lewat email, whatsapp group, dsb.
  •   Apabila dibutuhkan, Interviewer Gajimu dapat menghubungi dan membantu responden untuk mengisi Survei Pabrik Covid-19
  •   Hasil Survei Pabrik Covid-19 akan dianalisa dan ditampilkan dalam bentuk visualisasi data. Visualisasi data ini akan ditampilkan di situs Gajimu.com/garmen dan dapat diakses oleh semua orang secara gratis
  •   Pengunjung situs Gajimu dapat mengetahui bagaimana kondisi kerja di setiap pabrik garmen yang telah disurvei dalam masa pandemi Covid-19
  •     Visualisasi data Survei Pabrik Covid-19 nantinya akan dikirimkan kepada pihak-pihak terkait (Pemerintah, Brands, Pengusaha, Serikat Pekerja/Serikat Buruh, organisasi non politik) sebagai informasi dasar untuk memicu dialog sosial agar dapat lebih efektif mengembangkan kebijakan yang responsif terhadap kebutuhan pekerja

 

Kapan Survei Pabrik Covid-19 akan dilaksanakan?

Survei Pabrik Covid-19 mulai dilaksanakan sejak awal Mei 2020.

Untuk mendapatkan data yang akurat dan terkini, maka Interviewer Gajimu akan melakukan proses wawancara selama 2 (dua) minggu 1 (satu) kali, dikarenakan situasi pandemi yang tidak menentu, maka kondisi ketenagakerjaan di setiap perusahaan juga kemungkinan berubah tiap minggunya.  Dengan begitu, tim Gajimu dapat memantau perubahan kondisi yang terjadi di masing-masing perusahaan dan dapat menampilkannya dalam visualisasi data. 

Bagi perusahaan yang mengisi sendiri surveinya juga kami sarankan untuk mengisi kembali Survei Pabrik Covid-19 apabila terjadi perubahan pada kondisi bisnis ataupun kerja di perusahaan Anda

 
 
 
Loading...