Berlatih Menulis dan Memasarkan Karya Lewat Blog

Blog merupakan sarana yang amat bagus untuk seseorang yang sedang mencari pekerjaan, termasuk para fresh graduate. Lewat blog, kita bisa menyimpan hasil karya kita yang bisa berupa tulisan atau foto.

Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, banyak cara untuk membangun karier. Salah satunya, dengan memiliki akun di salah satu situs jejaring sosial, seperti blog. Bagi Anda yang ingin mengembangkan karier atau bagi para sarjana yang baru saja lulus atau fresh graduate, blog merupakan sarana yang amat bagus untuk menjadi media menuangkan ide, yang dulu mungkin sulit untuk diekspresikan.

Bukan cuma itu, blog juga bisa menjadi wadah memamerkan hasil karya seni dan tulisan, berbagi informasi, bahkan untuk memperluas jaringan atau networking. Dengan isi dan pengelolaan yang baik, tak heran banyak orang yang meraih kesuksesan lewat blog.

Apa Manfaat Blogging Untuk Karir & Bisnis ?

    1. Sarana Belajar Menulis

Dengan memiliki blog pribadi, Anda wajib untuk mengisi blog secara berkala dengan tulisan-tulisan menarik. Artinya, Blog dapat menjadi ajang latihan Anda untuk menulis beragam hal, dan mengembangkan ide-ide baru.

    1. Membangun Networking

Penulis blog atau yang biasa disebut blogger bisa menulis beragam topik, mulai dari soal serius seperti Politik, Teknologi Informasi, Hukum, Pendidikan , Kesusastraan, sampai Musik dan fashion. Jika memang menarik, Blog Anda pasti akan dibaca oleh banyak orang dan blogger lain yang tertarik pasti akan berusaha mengenal Anda lebih dekat dengan meninggalkan komentar di blog.

    1. Memberi Peluang Kerja

Blogger yang mempunyai keahlian tertentu akan memamerkan hasil karyanya lewat blog. Contohnya : penulis lepas dapat menulis karyanya, fotografer dapat memajang hasil jepretannya, designer dapat memamerkan hasil rancangan terbarunya. Blog bisa dijadikan sebagai media resume dan portfolio yang akan memperkenalkan kepada dunia keahlian Anda.

    1. Membantu Meningkatkan Karir Lebih Cepat

Melalui blog kita bisa memperkenalkan diri pada dunia. Sebagai contoh: Fotografer.net : kini dikenal sebagai salah satu blog galeri foto bagi para fotografer. Diana Rikasari : kegemarannya memadu padankan beragam jenis pakaian membuatnya menjadi salah satu fashion blogger terkenal di Indonesia. Berkat Blognya, Diana bahkan sudah membuka toko sepatu online. Atau, Raditya Dika, awalnya hanya penulis lepas yang rajin mengisi Blog dan kini telah membuahkan 5 buku yang laris manis di pasaran.

    1. Sarana Promosi Usaha/Bisnis

Tidak jarang kita lihat banyak orang yang berbisnis, mempromosikan barang dan jasa yang mereka tawarkan lewat blog. Bisnis online ini bisa dibilang jauh lebih efektif dan luas jangkauannya, ketimbang pemasaran secara tradisional.

    1. Sarana Mengembangkan Kreativitas

Blog tidak hanya sekedar tulisan. Blog bisa juga dipermanis dengan gambar, grafis, video, ataupun audio. Bereksperimenlah dalam menulis dan mengisi blog Anda. Semakin berbobot isinya dan menarik tampilannya, semakin banyak pula yang mengunjungi blog Anda.

Bagaimana Cara Menarik Perhatian Lewat Blog?

Jika Anda sudah memiliki blog yang banyak dikunjungi dan dibaca orang, hal ini bisa jadi nilai plus Anda. Anda bisa memulai untuk menulis tentang sesuatu yang Anda sukai atau yang berkaitan dengan karir Anda.

Anda juga bisa mencantumkan alamat blog Anda di resume Anda dengan penjabaran singkat isi blog tersebut. Atau, misalnya Anda ingin melamar menjadi seorang kolumnis di sebuah tabloid, Anda bisa mereferensikan beberapa tulisan dalam blog.

Jika Anda ingin menjadi seorang wartawan musik, isilah blog Anda dengan berbagai tulisan mengenai musik. Namun satu hal yang harus diingat, jangan berlebihan dalam mengepreksikan pikiran maupun perasaan Anda dalam blog, agar`tidak merugikan diri sendiri.

Ada lagi sebuah situs lowongan pekerjaan yang didedikasikan khusus untuk para blogger seperti : ProBlogger.net. Terkadang ada perusahaan yang menyewa jasa blogger untuk menulis di website mereka.

Jadi, tunggu apalagi, segera buat blog semenarik mungkin!

sumber: