Kesenjangan Upah Antar Gender Berkisar 20,73%

Kesenjangan upah berdasarkan gender masih terus saja terjadi di banyak negara di dunia. Partisipasi angkatan kerja perempuan meningkat dengan pesat, akan tetapi perbaikan terhadap kesenjangan upah berdasarkan gender berjalan dengan sangat lambat.

Kesenjangan upah berdasarkan jenis kelamin masih terus saja terjadi di banyak negara di dunia. Hal ini ditunjukkan oleh hasil peninjauan Global Gender Pay Gap, yang dilaksanakan selama tahun 2013 oleh WageIndicator Foundation.

 

Berdasarkan data peninjauan WageIndicator dalam Global Gender Pay Gap yang dilakukan di 23 negara, ditemukan bahwa kesenjangan upah rata-rata adalah sebanyak 20,73%. Kesenjangan upah terbesar terdapat di negara Chilli dimana pekerja perempuan mendapatkan 47% gaji yang lebih kecil dibandingkan pekerja laki-laki. Persentase terkecil ada pada negara Swedia dimana kesenjangan upah antar jenis kelamin hanya berbeda sebanyak 7%. Di Asia, ada India dan Kazakstan yang menurut data WageIndicator memiliki rata-rata kesenjangan upah sebesar 22%.

 

Kesenjangan upah berdasarkan jenis kelamin bervariasi antar sektor dan jabatan yang berbeda dalam suatu negara. Namun, kesenjangan upah yang cukup besar tersebut tetap ada, khususnya dalam sektor jasa (di mana 52% pekerjanya adalah perempuan pada tahun 2010).

 

Di Indonesia, Gajimu belum mendapatkan data yang cukup untuk melakukan perbandingan kesenjangan upah antar gender. Adapun begitu, lewat kegiatan-kegiatan kampanye upah layak yang dilakukan oleh tim Gajimu bekerjasama dengan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), menemukan bahwa dari gaji pekerja perempuan maupun pekerja laki-laki mendapatkan gaji yang setara.

 

Adapun begitu, pekerja perempuan memaparkan adanya diskriminasi gender pada pelaksanaan jaminan sosial, dimana jaminan sosial untuk pekerja laki-laki dapat menanggung istri dan anak-anaknya sedangkan pekerja perempuan hanya mendapatkan jaminan sosial untuk dirinya sendiri. Hal ini menjadi isu besar ketika pekerja perempuan tersebut adalah seorang orang tua tunggal.

 

Artikel Terkait :