Halangan dan Strategi Bagi Pekerja Perempuan Mencapai Posisi Karir Tinggi

Di Indonesia, peran perempuan di tempat kerja cukup dominan. Banyak diantara perempuan usia produktif yang menjadi wanita karir. Bagaimana peluang pekerja perempuan untuk mencapai posisi karir teratas?

Di Indonesia, peran perempuan di tempat kerja termasuk yang cukup dominan dibanding di negara-negara lain, terbukti dari banyaknya jumlah pekerja perempuan. Seperti yang dilansir dari data BPS 2010, sebanyak 65% dari total 135 juta perempuan usia produktif (25-45 tahun) di Indonesia saat ini berprofesi sebagai wanita karir.

 

Mengapa banyak pekerja perempuan yang memilik menjadi wanita karir? Rata-rata pekerja perempuan ini menjawab, “Bekerja adalah bagian dari aktualisasi diri dan juga bagaimana mengaplikasikan pendidikan yang dicapai”. Ada juga perempuan yang menjawab karena faktor ekonomi dimana situasi memaksa mereka untuk tetap bekerja agar bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

 

Lalu apakah wanita karir di jaman sekarang bisa mencapai kesetaraan yang diinginkan di tempat kerja? Bagaimana peluang ke posisi teratas? Sebuah studi global yang dilakukan oleh Accenture (sebuah perusahaan global untuk konsultan manajemen, layanan teknologi dan outsourcing) menunjukkan fakta menarik yaitu 63% perempuan yang tidak puas dengan karir mereka saat ini. Dan wanita kurang ambisius untuk mencapai posisi karir yang lebih tinggi.

 

Beberapa kendalanya antara lain, kurangnya kesempatan pengembangan karir dibanding laki-laki, dalam hal pelatihan dan peningkatan karir, dan juga isu klasik menjaga keseimbangan antara karir dan keluarga. Ketakutan akan resiko dan kurangnya bimbingan mentor juga menjadi kendala kenapa perempuan kurang ambisius mencapai posisi karir yang tinggi. Jika semakin banyak perempuan menjadi pemimpin di tempat kerja, diharapkan Indonesia dapat lebih maju.

 

Tips apa yang bisa dipergunakan untuk mencapai posisi tertinggi? Berikut adalah penjelasannya :

 

  1. Pilih pertempuran Anda. Pilihan harus dipertimbangkan dengan hati-hati
  2. Menyerah bukanlah pilihan
  3. Jangan mengambil sendiri terlalu serius! Biarkan mengalir tetapi mempersiapkan hal-hal yang tak terduga
  4. Selalu memiliki mentor yang dapat membimbing dan memotivasi Anda
  5. Teman adalah investasi. Perluas network/ jaringan kerja Anda!
  6. Keberuntungan dan peluang ada karena persiapan yang matang
  7. Perempuan harus independen dan berani mencoba hal-hal baru dan mengalami pasang surut  
  8. Orang terbaik untuk pekerjaan sebenarnya adalah seorang wanita!

Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa gender bukanlah suatu penghalang bagi karir Anda, percayalah pada kemampuan diri Anda.

 

Sumber :

Jakarta Globe