Decisions for Life - Sebuah Program Pemberdayaan Perempuan Indonesia

Decisions for Life adalah proyek WageIndicator baru yang berfokus pada Perempuan Muda Indonesia dan Ketenagakerjaan, Karir Pilihan dan Pemberdayaan Perempuan - pada Gajimu.com Indonesia

Apakah 'Decisions for Life' ?

Decisions for Life adalah proyek baru dari WageIndicator yang didisain khusus untuk para wanita muda. Proyek ini bertujuan untuk  meningkatkan kesadaran diantara para wanita muda pekerja tentang kesempatan kerja,kemungkinan karir, membangun keluarga dan keseimbangan antara kerja dan keluarga buat mereka.Keputusan seumur hidup yang dihadapi para remaja wanita tidak hanya menentukan masa depan mereka tapi juga masa depan masyarakat : pilihan mereka merupakan  kunci perkembangan demografis dan angkatan kerja sebuah bangsa.

Difokuskan di mana ?

Decisions for Life difokuskan di 14 negara berkembang yaiutu Brasil, India, Indonesia, negara-negara CIS : azerbaijan, Belarus,Kazakhstan,Ukraine dan negara-negara di Afrika bagian selatan yaitu Angola,Botswana, Malawi, Mozambique, Afrika Selatan,Zambia,Namibia dan Zimbabwe.Yang menjadi target proyek ini adalah wanita remaja di sektor industri jasa karena industri ini menyerap mayoritas wanita pekerja usia 15 - 29 tahun dan juga karena industri ini berkembang di (hampir) kesemua 14 negara tersebut.

Siapa yang menjadi target ?

Proyek ini mencakup delapan kelompok pekerjaan, yaitu operator call center, sekretaris, bagian pembukuan, programmer IT, petugas penjualan, kasir di toko-toko retail, pekerja front office/resepsionis hotel, pekerja di agen perjalanan wisata dan petugas pembukuan di hotel. Menurut perkiraan di 14 negara dimaksud ada sekitar 10 sampai 12 juta wanita muda berusia 15 - 29 tahun yang bekerja di industri pelayanan dan terpusat di wilayah perkotaan.

Bagaimana proyek ini akan dijalankan ?

Decision for Life akan menggunakan dua pendekatan bersama yang saling menguatkan untuk meningkatkan kesadaran .

Pertama, melalui kampanye yang dilakukan oleh serikat-serikat perdagangan yang ditargetkan akan mencapai 10.000 wanita pekerja. Kampanye ini termasuk pertemuan tatap muka, training dan penyebaran materi offline.

Kedua, untuk mencapai satu juta wanita pekerja di delapan kelompok pekerjaan tersebut digunakan internet.Mengingat kelompok pekerjaaan ini dan juga konsentrasi mereka di wilayah perkotaan  maka diasumsikan internet merupakan media yang efektif untuk mencapai mereka.

Siapa yang terlibat ?

Sebuah International Trade Union Confederation - . atau ITUC akan menyiapkan manajemen proyek keseluruhan.

Peningkatan kesadaran gender merupakan bagian dari strategi jangka panjang ITUC.Lebih dari itu, ITUC bekerjasama dengan wageIndicator Foundation yang memiliki pengalaman panjang dalam mengembangkan dan mengoperasikan website yang menarik tentang pekerjaan dan gaji yang sampai saat ini sudah dijalankan di 35 negara.

Dalam proyek ini ITUC juga bekerjasama dengan Universitas Amsterdam/IAAS yang mempunyai spesialisasi dalam  inventarisasi tentang  agenda kerja ,gaji dan sistem hubungan industrial perusahaan  yang bermartabat di seluruh dunia.Secara bersama-sama kedua pihak ini membuat badan manajemen pengawasan yang akan mengadakan pertemuan secara berkala  selama proyek tersebut berjalan.

Decisions for Life telah memperoleh hibah MDG3 dari Kementerian Luar Negeri Belanda sebagai dukungan terhadap Tujuan Pembangunan Millenium - Millenium Development Goals-  Perserikatan Bangsa-Bangsa nomer tiga (MDG3) yaitu : " Meningkatkan Kesamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan".

Decisions For Life event On Decent Work Day

Links :


Decision For Life Event :