Penampilan Fisik Perempuan dan Kesempatan Bekerja

Kecantikan atau penampilan fisik yang baik memang kadang menguntungkan bagi perempuan. Memiliki penampilan fisik yang oke akan memberikan kepercayaan diri tersendiri. Tapi, apakah kecantikan juga berpengaruh bagi karir perempuan?

Dianugerahi kecantikan atau penampilan fisik yang di atas rata-rata memang kadang bisa sangat menguntungkan bagi perempuan, terutama dalam dunia asmara. Akan tetapi, apakah kecantikan juga berpengaruh dalam karir perempuan?

 

Di beberapa perusahaan, perempuan cantik terkadang memang lebih diprioritaskan, karena terkadang memiliki penampilan fisik yang oke sudah pasti memberikan kepercayaan diri tersendiri. Tiap perusahaan tentu memiliki syarat-syarat tersendiri dalam menerima karyawannya. Tidak jarang kita sering melihat ada lowongan kerja dengan persyaratan : enak dilihat/ good looking atau berpenampilan baik. Biasanya lowongan kerja seperti ini berlaku bagi profesi-profesi yang dilihat oleh banyak orang seperti : artis, public relations, marketing executive, dsb.

 

Bagi perempuan yang berparas biasa-biasa saja, bukan berarti tidak bisa terjun di sektor pekerjaan tersebut lho. Terdapat perbedaan antara good looking dan berpenampilan baik. Good looking berarti seseorang memiliki penampilan fisik yang menurut kebanyakan orang awam tampan atau cantik sejak lahir. Sementara berpenampilan baik itu bisa saja memiliki penampilan fisik yang biasa saja tapi yang bersangkutan mengerti cara berpakaian, merias diri, dan sejenisnya yang membuatnya menjadi enak dipandang.

 

Di sisi lain, ada juga yang mengatakan bahwa memiliki kecantikan tidak selamanya menguntungkan bagi karir perempuan.  Seperti yang dilansir dari Yahoo Indonesia, di Israel perempuan cantik justru lemah saat mencari pekerjaan. Para peneliti  di Israel tersebut berkesimpulan bahwa perempuan cantik sering mendapatkan  diskriminasi. Berdasarkan penelitian, perempuan cantik susah  untuk mendapatkan pekerjaan karena para staff perempuan yang ada di divisi Human Resource Department (HRD) merasa tersaingi oleh kehadiran karyawan baru yang cantik-cantik.

 

Jadi benar adanya bahwa kecantikan perempuan dapat mempengaruhi kesempatan dalam mendadpatkan pekerjaan. Kecantikkan tidak selamanya menguntungkan bagi karir perempuan karena ada juga kasus dimana perempuan cantik justru dipersulit dalam mendapat pekerjaan.  Untuk itu, bagi perempuan-perempuan, Anda bisa membuat diri Anda menjadi seseorang yang menarik dengan memperhatikan cara berpakaian, merias diri dan kepribadian yang menyenangkan.  Selamat mencari pekerjaan yang sesuai bagi Anda!

 

Isi Survei Gaji di Gajimu dan Anda akan membantu kolega Anda untuk membandingkan gajinya dengan gaji Anda. Isi survei gaji