FAQ Survey Kelayakan Kerja dan Info Pabrik

Apa itu Gajimu.com?

Gajimu.com, merupakan Situs Nasional Organisasi Non-profit dari Belanda, WageIndicator.org, yang menyediakan informasi publik mengenai upah, aturan ketenagakerjaan, dan informasi seputar ketenagakerjaan di Indonesia. Gajimu.com berbagi informasi dan hasil penelitian kami mengenai pasar tenaga kerja dalam sebuah situs yang berfungsi sebagai perpustakaan online untuk pekerja di Indonesia

 

Gajimu.com percaya bahwa setiap pekerja dan pengusaha harus memiliki akses informasi mengenai terkait Ketenagakerjaan yang mencakup upah, Undang-Undang Ketenagakerjaan dan dengan tersedianya keterbukaan informasi mengenai ketenagakerjaan, akan membantu meningkatkan pengetahuan pekerja dan membantu pengusaha untuk mematuhi peraturan perundang-undangan di Indonesia.

 

 

Apa itu program Gajimu Garmen “How Decent is My Factory”?

Program Gajimu Garmen “How Decent is My Factory” merupakan ide yang digagas oleh Gajimu untuk meningkatkan transparansi dalam dunia ketenagakerjaan di Indonesia untuk kepentingan masyarakat luas dan khususnya bagi mereka yang bekerja di sektor industri garmen dan tekstil.

 

Tim Gajimu mengumpulkan data dan melakukan perbandingan kondisi kerja dari berbagai pabrik garmen dan tekstil melalui Survei Kelayakan Kerja secara online maupun offline. Sesuai misi, hasil survei akan kami tampilkan di Halaman Info Pabrik dalam situs web kami, dimana pengunjung dapat melihat tingkat kepatuhan berbagai pabrik garmen yang telah disurvei.

 

Apa tujuan dari program Gajimu Garmen "How Decent is My Factory"

Program Gajimu Garmen "How Decent is My Factory" dapat menunjukkan bahwa:

  • Pemeriksaan Kelayakan Kerja dan Kepatuhan atas UU Ketenagakerjaan dapat meningkatkan kesadaran para pekerja atas hak normatif mereka
  • Temuan yang dilaporkan pekerja dapat dengan mudah diakses di Halaman Info Pabrik, sehingga dapat menggambarkan kondisi kerja yang berlaku di masing-masing pabrik garmen secara umum kepada buyer dan brand internasional.
  • Contoh-contoh klausal untuk pembuatan Perjanjian Kerja Bersama yang terkumpul dapat membantu pekerja dan pengusaha menghasilkan kondisi kerja yang lebih baik dalam skala besar

Untuk itu, Gajimu berharap dengan adanya program Gajimu Garmen "How Decent is My Factory", maka kami dapat membantu kinerja serikat pekerja/serikat buruh, pengusaha, dan juga pemerintah dalam mencapai kondisi kerja yang lebih baik. Informasi terkait hasil survei kelayakan kerja yang dapat dengan mudah diakses di Halaman Info Pabrik juga memungkinkan pekerja, pengusaha, pemerintah, buyer, dan brands untuk mengawasi kondisi kerja dan tingkat kepatuhan di masing-masing pabrik garmen/tekstil.

 

 

Apa manfaat dari program Gajimu Garmen “How Decent is My Factory”?

Bagi Pekerja

  • Survei dan konten di situs web Gajimu Garmen dapat memberi pekerja kesadaran dan pengetahuan tentang hak-hak mereka, yang merupakan langkah pertama menuju kemajuan.
  • Melalui Halaman Info Pabrik, pekerja dapat mengetahui tentang kondisi kerja di suatu pabrik garmen, sejauh mana pabrik mematuhi UU Ketenagakerjaan, dan akhirnya dapat memotivasi mereka untuk bekerja lebih baik lagi.
  • Serikat pekerja dapat menggunakan data pada Halaman Info Pabrik sebagai informasi / database yang mendukung mereka dalam melakukan dialog sosial yang efektif dengan pengusaha, sehingga dapat berkontribusi menciptakan hubungan industrial yang harmonis dan efektif.

 

Bagi Pengusaha

  • Tidak semua pengusaha sepenuhnya menyadari Hukum Ketenagakerjaan. Survei Kelayakan Kerja dan Halaman Info Pabrik dapat membantu memberikan informasi tentang kondisi kerja nyata di setiap pabrik kepada para pengusaha
  • Temuan dalam Halaman Info Pabrik dapat menjadi alat untuk mencapai hubungan industrial yang harmonis dan efektif - dimana pengusaha dan pekerja bekerja sama dalam kemitraan, fokus mempertahankan loyalitas pelanggan, memaksimalkan nilai tambah dan mempertahankan daya saing perusahaan mereka di pasar global
  • Halaman Info Pabrik dapat berfungsi sebagai media internal pengusaha untuk mempromosikan kondisi kerja yang baik.

 

Bagaimana alur dan proses kerja program Gajimu Garmen “How Decent is My Factory”?

SURVEI KELAYAKAN KERJA

Gajimu mengumpulkan informasi tentang kondisi kerja di berbagai pabrik garmen melalui penelitian dan Survei Kelayakan Kerja (melalui situs Gajimu.com/garmen, Aplikasi Survei Kelayakan Kerja dan wawancara tatap muka)

 

VERIFIKASI DATA SURVEI

Gajimu kemudian akan mengirimkan hasil survei kepada Pengusaha dan Serikat Pekerja. Pengusaha dan Serikat Pekerja dapat memverifikasi data dengan memberikan komentar, klarifikasi serta penjelasan mengenai hasil survei, yang nantinya akan ditampilkan di Halaman Info Pabrik di situs web Gajimu Garmen.

 

HALAMAN INFO PABRIK

Hasil Survei Kelayakan Kerja ditampilkan pada Halaman Info Pabrik di situs web Gajimu Garmen. Pengunjung dapat mengetahui bagaimana kondisi kerja serta membandingkan tingkat kepatuhan setiap pabrik garmen yang telah disurvei. Konten ini akan terus kami perbaharui, Pengusaha dan Serikat Pekerja dapat menginformasikan tim lokal WageIndicator mengenai kegiatan serta upaya perbaikan apa saja yang telah dilakukan untuk memperbaiki kondisi kerja di pabrik mereka, langkah-langkah perbaikan tersebut kemudian akan kami tampilkan pula di Halaman Info Pabrik.

 

DATA ACADEMY

Data academy memberikan peningkatan kapasitas dan pendidikan alternatif bagi anggota serikat pekerja, sehingga harapannya para peserta data academy dapat memiliki kemampuan untuk mengakses, menganalisa data yang tersedia (baik itu hasil survei kelayakan kerja yang ditampilkan di halaman Info Pabrik ataupun data publik lainnya) dan membangun argumentasi agar dapat digunakan dalam proses dialog sosial dan/atau perundingan PKB untuk advokasi di tingkat perusahaan ataupun yang lebih luas

DIALOG SOSIAL DAN PERJANJIAN KERJA BERSAMA (PKB)

Hasil survei dapat digunakan sebagai informasi dasar untuk memicu dialog sosial. Peserta yang mengikuti data academy juga diharapkan dapat membangun argumentasi berbasis data/bukti saat akan berdialog dengan pengusaha. Hasil keputusan dialog dapat menghasilkan tindakan korektif yang dilakukan oleh pengusaha seperti adopsi Perjanjian Kerja Bersama (PKB), peningkatan klausal dalam PKB serta pelatihan kerja.

 

PEMANTAUAN KONDISI KERJA

Halaman Info Pabrik memungkinkan pemantauan kondisi kerja yang lebih efektif oleh para pelaku usaha, seperti pekerja, pengusaha, brands dan buyer.

 

Survei Kelayakan Kerja

Apa yang dimaksud dengan Survei Kelayakan Kerja?

Survei Kelayakan Kerja adalah survei dimana pekerja dapat memeriksa apakah kondisi kerja pekerja yang mengisi survei sudah sesuai dengan aturan ketenagakerjaan yang berlaku, ataupun bagi pihak HRD/pengusaha untuk memeriksa apakah mereka sudah mematuhi aturan ketenagakerjaan yang berlaku. Survei kelayakan kerja ini diciptakan untuk memeriksa kepatuhan terhadap upah minimum dan aturan Ketenagakerjaan yang berlaku. Undang-Undang Ketenagakerjaan dan aturan ketenagakerjaan lainnya (Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri, dsb) digunakan sebagai dasar hukum pemeriksaan survei kelayakan kerja.

 

Pelaksanaan survei kelayakan kerja dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

  1. Secara Offline/tatap muka – melalui aplikasi atau dicetak

Gajimu bermitra dengan Serikat Pekerja/Serikat Buruh, mengumpulkan informasi kondisi kerja di suatu pabrik tertentu langsung dari pekerja dengan memilih beberapa pekerja pabrik untuk diminta berpartisipasi dalam pengisian survey kelayakan kerja secara tatap muka; untuk mencapai tujuan inisiatif ini, Serikat Pekerja/Serikat Buruh kami percaya untuk membentuk tim pewawancara yang akan memandu pekerja dalam mengisi survei/kuisioner.

  1. Secara Online – melalui situs Gajimu

Pengunjung situs Gajimu yang berstatus sebagai pekerja, dapat mengisi survey kelayakan kerja langsung di situs Gajimu.com/garmen dan melihat hasil survey langsung setelah mereka menyelesaikan survey kelayakan kerja.  Media sosial seperti Facebook juga digunakan untuk menargetkan pekerja dan mengundang mereka untuk berpartisipasi dalam pengisian survey kelayakan kerja versi online melalui situs web Gajimu.com/garmen.

 

Informasi mengenai kondisi kerja yang diberikan langsung oleh pekerja nantinya akan dilaporkan secara anonim kepada pengusaha/perusahaan dan akan ditampilkan di halaman INFO PABRIK dalam situs Gajimu.com/garmen, namun semua data pribadi akan dirahasiakan.

 

Apa yang dimaksud dengan Survei Pabrik?

Survei Pabrik adalah survei yang dilakukan sebelum melakukan survey kelayakan kerja secara offline/tatap muka dimana survey ini berisi informasi terkait gambaran umum pabrik yang akan disurvei, seperti alamat, jumlah pekerja, jenis produk yang dihasilkan, kemana pabrik memasok produksinya. Survei pabrik ini diisi oleh Serikat Pekerja/Serikat Buruh tingkat perusahaan dan/atau pihak manajemen (HRD).

 

Informasi mengenai data pabrik yang diberikan langsung oleh Serikat Pekerja/Serikat Buruh tingkat perusahaan dan/atau pihak manajemen (HRD) ini nantinya akan ditampilkan di halaman INFO PABRIK dalam situs Gajimu.com/garmen, namun semua data pribadi akan dirahasiakan.

 

Apa saja isi konten Survei Kelayakan Kerja? 

Survei kelayakan kerja terdiri dari 74 pertanyaan yang terdiri dari 9 tahapan, dalam masing-masing tahapan akan ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab. Topik-topik yang diperiksa mencakup:

  •   Latar belakang pribadi – 15 pertanyaan
  •   Jaminan kerja – 9 pertanyaan
  •   Jam kerja dan upah lembur – 13 pertanyaan
  •   Upah Minimum – 3 pertanyaan
  •   Hak Maternal – 10 pertanyaan
  •   Keselamatan dan Kesehatan Kerja – 9 pertanyaan
  •   Jaminan Sosial – 5 pertanyaan
  •   Perlakuan Yang Adil – 5 pertanyaan
  •   Hak untuk berserikat – 5 pertanyaan

 

Untuk mengetahui pertanyaan-pertanyaan yang ada di survei kelayakan kerja, silakan menghubungi Tim Gajimu di: gajimu@wageindicator.org.

 

Apakah survei kelayakan kerja berlaku untuk semua sektor usaha?

Sampai saat ini, survei kelayakan kerja di Indonesia hanya diperuntukkan secara spesifik untuk sektor garmen, tekstil, dan alas kaki. Tidak menutup kemungkinan Gajimu ke depannya akan membuat survei kelayakan kerja untuk sektor usaha lainnya.

 

Siapa saja responden yang dapat mengisi survey kelayakan kerja?

  1. Secara Offline/tatap muka – melalui aplikasi atau dicetak

Pekerja sektor garmen, tekstil, dan alas kaki di perusahaan yang ditetapkan oleh Serikat Pekerja/Serikat Buruh yang menjadi mitra Gajimu. Gajimu bekerjasama dengan Serikat Pekerja/Serikat Buruh akan menentukan pabrik garmen, tekstil, dan alas kaki mana saja yang akan menjadi target survey kelayakan kerja. Dalam 1 (satu) pabrik yang menjadi target survey akan dipilih setidaknya 50 pekerja/responden yang akan diwawancara dimana 50 pekerja tersebut mewakili keseluruhan pekerja yang ada di pabrik tersebut.  

 

  1. Secara Online – melalui situs Gajimu

Semua pengunjung Gajimu dapat mengisi survey kelayakan kerja di situs Gajimu, meskipun saat ini survey kelayakan kerja diciptakan untuk pekerja garmen, tekstil, dan alas kaki akan tetapi, pekerja di sektor usaha lain juga dapat memeriksa apakah kondisi kerja pekerja yang mengisi survei sudah sesuai dengan aturan ketenagakerjaan yang berlaku dikarenakan di dalam survey kelayakan kerja online, terdapat pilihan bagi pengunjung untuk tidak mengisi nama pabriknya, apabila pabriknya bukan pabrik tidak bergerak di sektor garmen, tekstil, dan alas kaki.

 

Apabila pengunjung Gajimu yang mengisi survey kelayakan kerja merupakan pekerja garmen, tekstil, dan alas kaki, maka disarankan untuk mengisi nama pabriknya.

 

Siapa yang melaksanakan survey kelayakan kerja?

Tim Gajimu memiliki 10 pewawancara, yang merupakan kandidat dari Serikat Pekerja/Serikat Buruh di masing-masing daerah yang dilatih secara intensif oleh tim Gajimu

 

Bagaimana cara Gajimu dan Serikat Pekerja/Serikat Buruh memilih pekerja yang akan disurvei secara tatap muka?

Melalui survey pabrik, Gajimu dan/atau pewawancara dapat mengetahui jumlah populasi atau jumlah pekerja yang bekerja di pabrik yang akan disurvey, termasuk banyaknya pekerja perempuan dan banyaknya pekerja dengan status pekerja tetap. Dari jumlah yang sudah diketahui tersebut, maka pewawancara dapat menghitung jumlah sampel. Sampel akan dihitung berdasarkan pada pembagian atas jenis kelamin (pekerja perempuan/pekerja laki-laki) dan status kerja (pekerja tetap / pekerja kontrak) sampai jumlah (quota) yang dikehendaki – min. 50 pekerja/responden per pabrik

 

Bagaimana cara kerja survei kelayakan kerja?

Dalam waktu 20 menit, pekerja dapat mengetahui bagaimana kondisi kerja di perusahaan/pabrik tempatnya bekerja, apakah pekerja sudah mendapatkan hak yang sesuai dengan aturan ketenagakerjaan yang berlaku. Survei kelayakan kerja ini bersifat sukarela dan anonim, jadi nama + kontak tidak akan disebarluaskan/dipublikasikan.

 

Proses kerja survey kelayakan kerja secara offline/wawancara tatap muka

  •   Gajimu bersama mitra Serikat Pekerja/Serikat Buruh akan menentukan pabrik mana saja yang akan disurvei. Bagi pekerja, Serikat Pekerja/Serikat Buruh tingkat perusahaan dan/atau yang ingin tim Gajimu datang ke perusahaan/pabrik untuk melakukan survei kelayakan kerja secara offline/tatap muka, harap hubungi tim Gajimu di : gajimu@wageindicator.org
  •   Gajimu dan pewawancara dari Serikat Pekerja/Serikat Buruh akan melakukan sosialisai program kerja survey kelayakan kerja kepada pekerja, Serikat Pekerja/Serikat Buruh di tingkat perusahaan dan manajemen perusahaan (HRD)
  •   Serikat Pekerja/Serikat Buruh di tingkat perusahaan akan memilih pekerja yang akan diwawancara secara tatap muka sesuai dengan perhitungan sample yang ditetapkan Gajimu
  •   Pewawancara akan memandu proses pengisian survey kelayakan kerja, dan menginput jawaban dari responden/pekerja ke dalam aplikasi survey kelayakan kerja
  •   Hasil survey kelayakan kerja yang sudah diproses oleh tim Gajimu akan dilaporkan secara anonim kepada Serikat Pekerja/Serikat Buruh di tingkat perusahaan dan pihak manajemen perusahaan, sebelum ditampilkan di halaman INFO PABRIK situs Gajimu.com/garmen
  •   Apabila ada klarifikasi atau penjelasan terhadap hasil survey kelayakan kerja dari pihak manajemen perusahaan, maka klarifikasi tersebut juga akan ditampilkan di halaman INFO PABRIK situs Gajimu.com/garmen
  •   Hasil Survei Kelayakan Kerja ditampilkan pada Halaman Info Pabrik di situs web Gajimu Garmen. Pengunjung dapat mengetahui bagaimana kondisi kerja serta membandingkan tingkat kepatuhan setiap pabrik garmen yang telah disurvei.
  •   Hasil survei kelayakan kerja dapat digunakan sebagai informasi dasar untuk memicu dialog sosial. Serikat Pekerja/Serikat Buruh tingkat perusahaan diharapkan dapat membangun argumentasi berbasis data/bukti saat akan berdialog dengan manajemen perusahaan
  •   Hasil keputusan dialog dapat menghasilkan tindakan korektif yang dilakukan oleh perusahaan seperti adopsi Perjanjian Kerja Bersama (PKB), peningkatan klausal dalam PKB serta pelatihan kerja, dimana semua tindakan perbaikan kondisi kerja itu akan didokumentasikan juga dalam situs Gajimu.com/garmen

 

Proses kerja survey kelayakan kerja secara online melalui situs Gajimu.com/garmen

  •   Survei kelayakan kerja dapat diisi secara online di situs gajimu.com/garmen
  •   Ada setidaknya 74 pertanyaan yang berkaitan dengan topik yang kami sebutkan di atas. Rata-rata pertanyaan merupakan pertanyaan tertutup (YA atau TIDAK). Pengunjung harus mengisi semua pertanyaan, pengunjung tidak dapat melanjutkan ke bagian selanjutnya apabila ada pertanyaan yang tidak diisi.
  •   Di akhir survey, pengunjung akan melihat hasil dari 48 pernyataan ketenagakerjaan yang disurvei, apabila Pengunjung melihat tanda (✔), maka perusahaan/pabrik sudah mematuhi aturan ketenagakerjaan yang berlaku, apabila Pengunjung melihat tanda ( X ), maka perusahaan/pabrik belum mematuhi aturan ketenagakerjaan yang berlaku.
  •   Gajimu hanya akan menampilkan data pabrik garmen, tekstil, dan alas kaki yang telah disurvei dalam halaman INFO PABRIK apabila survey sudah melebihi 30 responden. Pengunjung dapat mengajak kolega mereka untuk mengisi survey kelayakan kerja apabila mereka ingin data pabrik mereka agar ditampilkan dalam halaman INFO PABRIK

Apabila pengunjung merupakan pekerja garmen, tekstil, dan alas kaki dan ingin perusahaannya disurvey secara tatap muka oleh Gajimu, silakan menghubungi tim Gajimu di : gajimu@wageindicator.org

 

Apakah saya juga bisa ikut mengisi survei?

Ya, siapapun yang bekerja di sektor garmen dapat mengisi survei kelayakan kerja, survei online selalu dibuka, Anda dapat mengaksesnya di: https://gajimu.com/garmen/home/hak-pekerja-garmen/cek-kelayakan-kerja-survei-pekerja

 

Apabila Anda bekerja sebagai staff ataupun manajer di bagian Sumber Daya Manusia (HRD), Anda dapat mengisi survei kelayakan kerja di: https://gajimu.com/garmen/home/hak-pekerja-garmen/cek-kelayakan-kerja-survei-pekerja/cek-kelayakan-kerja-survei-hrd

 

Apabila Anda ingin tim Gajimu datang ke perusahaan Anda, untuk melakukan survei kelayakan kerja secara langsung/tatap muka, harap hubungi tim Gajimu di : gajimu@wageindicator.org

 

Siapa yang membuat survei kelayakan kerja?

Survei kelayakan kerja dibuat oleh AIAS – Universitas Amsterdam dan ahli hukum ketenagakerjaan WageIndicator

 

 

Halaman Info Pabrik

Bagaimana cara kerja halaman info pabrik?

Di halaman info pabrik, Anda akan menemukan daftar nama perusahaan/pabrik garmen yang sudah kami survei. Untuk mengetahui informasi mengenai kondisi kerja di masing-masing pabrik, Anda dapat meng-klik nama pabrik yang ingin dibuka.

Informasi terkait pabrik yang bersangkutan (seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya) akan diberikan terlebih dahulu kepada pihak manajemen perusahaan dan juga pihak Serikat Buruh/Serikat Pekerja yang bersangkutan. Kami memberi waktu selama 1 bulan untuk memverifikasi data, dalam waktu tersebut pihak manajemen perusahaan dan Serikat Buruh/Serikat Pekerja dapat memberikan tanggapan ataupun klarifikasi terhadap hasil survei sebelum kami tampilkan hasil survei di info pabrik.

 

Setelah 1 bulan, Gajimu akan menampilkan data survei kelayakan kerja di info pabrik. Pihak manajemen perusahaan dan Serikat Buruh/Serikat Pekerja dapat memberitahukan mengenai proses negosiasi ataupun langkah-langkah apa saja yang diambil untuk memperbaiki kondisi kerja dan hubungan industrial dalam perusahaan. Pemberitahuan mengenai progres peningkatan kondisi kerja tersebut juga akan kami tampilkan dalam halaman info pabrik.

 

Siapa saja yang dapat mengakses halaman info pabrik?

Halaman info pabrik dapat diakses oleh publik secara gratis di gajimu.com/garmen

 

Bagaimana Gajimu mendapatkan data yang ada di halaman info pabrik?

  • Gajimu mengumpulkan data lewat survei kelayakan kerja yang dilakukan secara tatap muka dan online (tersedia di situs gajimu.com/garmen).
  • Gajimu bekerja sama dengan Serikat Pekerja/Serikat Buruh di masing-masing daerah telah melakukan survei tatap muka di perusahaan garmen, tekstil, dan alas kaki di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten dan Jakarta.
  • Selain itu, Gajimu juga mengumpulkan survei secara online, dimana pekerja maupun pelaku bisnis garmen di Indonesia bisa mengisi survei dan mengetahui kondisi kerja di perusahaan/pabrik masing-masing.

 

 

Apakah informasi di halaman info pabrik dapat dipercaya?

Karena informasi mengenai kelayakan kerja diberikan pengunjung situs dan pekerja secara sukarela, maka Gajimu tidak dapat menjamin 100% ketepatan hasil survei tersebut. Meskipun begitu, Gajimu mendorong pengisi survei untuk memberikan informasi yang akurat, tepat dan sesuai dengan kondisi kerja masing-masing.

Sebelum melakukan survei kelayakan kerja secara tatap muka, tim Gajimu selalu meminta persetujuan responden dan menjelaskan cara kerja dan manfaat survei kelayakan kerja ini bagi pekerja maupun pelaku bisnis garmen. Dengan cara ini, responden yang mengisi survei akan sadar bahwa kualitas informasi survei sangat penting bagi data di halaman pabrik.

Gajimu secara ketat menjamin anonimitas semua responden yang mengisi survei. Kualitas data di halaman info pabrik akan meningkat seiring dengan meningkatnya partisipasi pengunjung situs dalam survei kelayakan kerja dan juga partisipasi pabrik yang ingin disurvei secara langsung oleh tim Gajimu.

 

Berapa banyak survei yang dibutuhkan untuk menampilkan data di halaman info pabrik?

Apabila sudah terdapat minimal 30 responden untuk masing-masing perusahaan/pabrik, maka Gajimu baru akan menampilkan data survei tersebut di halaman info pabrik.

 

Seberapa sering halaman info pabrik diperbaharui?

Data dari halaman info pabrik berasal dari survei yang dikumpulkan oleh Gajimu secara tatap muka dan online. Survei kelayakan kerja online dikumpulkan secara terus menerus di situs gajimu.com/garmen, sedangkan survei secara tatap muka dilakukan selama 1 tahun sekali.

Kami juga menyediakan ruang bagi pihak manajemen perusahaan maupun pihak Serikat Buruh/Serikat Pekerja untuk memberitahukan kepada Gajimu langkah-langkah apa saja yang diambil untuk memperbaiki kondisi hubungan industrial dalam perusahaan, yang nantinya perubahan-perubahan ini juga akan ditampilan dalam tempat khusus di halaman info pabrik.

 

Bagaimana cara agar pabrik saya bisa ikut disurvei?

Apabila Anda ingin tim Gajimu datang ke perusahaan Anda, untuk melakukan survei kelayakan kerja secara langsung/tatap muka, harap hubungi tim Gajimu di : gajimu@wageindicator.org

Atau Anda dapat menghimbau pekerja di perusahaan/pabrik Anda untuk mengisi survei secara online.

 

 

Loading...