12/13 Kerja Paksa di Garmen

Kerja Paksa Garmen

Apa yang dimaksud dengan kerja paksa?

Kerja paksa adalah melakukan pekerjaan di bawah ancaman sanksi hukuman dimana pekerja tidak memiliki kebebasan untuk menyepakati pelaksanaan pekerjaan.

Apa faktor penyebab adanya kerja paksa?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kasus kerja paksa terjadi di Indonesia, diantaranya adalah :

  • Tingkat pengangguran yang tinggi membuat calon tenaga kerja menjadi “pasrah” dengan apapun peluang kerja maupun kondisi kerja yang ada
  • Kurang sadarnya sebagian pengusaha mengenai hak-hak pekerja yang diatur dalam UU Ketenagakerjaan.
  • Kurangnya pengawasan dari dinas ketenagakerjaan dan kurang perlindungan hukum bagi tenaga kerja

Apa saja tindakan yang dapat dikategorikan sebagai kerja paksa di sektor garmen?

Berikut adalah contoh kerja paksa yang dapat terjadi/dilakukan oleh pengusaha di sektor garmen :

  • Pembatasan pergerakan pekerja - mencegah pekerja keluar dari tempat kerja
  • Ancaman kekerasan terhadap pekerja
  • Kerja paksa terkait hutang - memberikan pinjaman berlebih sehingga membuat pekerja terus berhutang dan membuat mereka tidak bebas untuk meninggalkan pekerjaan
  • Pembayaran uang jaminan oleh pekerja, atau pembayaran upah ditunda.
  • Penyitaan atau menahan dokumen pribadi pekerja, seperti akte kelahiran, ijazah sekolah atau kartu tanda penduduk juga dapat mengindikasikan kerja paksa karena pekerja mungkin tidak bebas untuk meninggalkan pekerjaan mereka ataupun untuk mencari pekerjaan di tempat lain.
  • Memaksa pekerja untuk bekerja lembur di luar batas yang diatur UU Ketenagakerjaan dengan ancaman pemberhentian kerja

Apakah UU melarang praktik kerja paksa di sektor garmen?

Kerja paksa atau kerja wajib dilarang dan dinyatakan tidak sah oleh hukum ketenagakerjaan. Di samping itu, Indonesia telah meratifikasi dua konvensi ILO mengenai larangan kerja paksa, yaitu Konvensi Kerja Paksa No. 29 tahun 1930, dan Konvensi Penghapusan Kerja Paksa No. 105 tahun 1957.

Apakah ada sanksi yang dikenakan apabila pengusaha menerapkan kerja paksa?

Ya. Tindakan menerapkan kerja paksa di tempat kerja dapat dihukum penjara antara 3 sampai dengan 15 tahun dan denda antara Rp. 120.000.000 sampai dengan Rp. 600.000.000.

Bentuk Kerja Paksa di Industri Garmen

Apakah jam kerja panjang yang sering terjadi di sektor garmen tergolong kerja paksa?

Pada dasarnya pekerjaan lembur bersifat sukarela, artinya jika pekerja tidak ingin melakukan lembur, maka perusahaan tidak dapat memaksa pekerjanya. Apabila pengusaha mewajibkan pekerja untuk bekerja lebih dari 40 jam/minggu tanpa kesepakatan dari pekerja dan tidak ada kesepakatan pembayaran upah lembur, maka hal tersebut dapat dikategorikan sebagai kerja paksa.

Apakah praktik kerja outsourcing juga termasuk bentuk kerja paksa?

Sistem outsourcing diartikan sebagai pemindahan atau pendelegasian beberapa proses bisnis kepada suatu badan penyedia jasa. Praktik outsourcing memperbolehkan perusahaan untuk mengambil tenaga kerja melalui pihak ketiga atau perantara. Gampangnya, para pekerja tidak bekerja secara langsung kepada perusahaan, tetapi melalui perantara sebuah penyediaan jasa. Bagi perusahaan sendiri para pekerja yang direkrut melalui sistem outsourcing, hanya dianggap sebagai tenaga tambahan. Jadi bagi perusahaan, pekerja/buruh outsourcing adalah tenaga luar yang tidak mempunyai ikatan kerja/perjanjian kerja yang tetap pada perusahaan.

Sistem outsourcing sangat merugikan para pekerja kontrak dan melanggar hak asasi mereka, pelanggaran yang biasa terjadi adalah diskriminasi atau perlakuan yang berbeda antara pekerja tetap dengan pekerja kontrak dimana pekerja tetap mendapatkan tunjangan, pesangon dan cuti, sementara pekerja kontrak tidak bisa mendapatkannya.

Para pekerja outsourcing ini terpaksa bekerja dengan status pekerja kontrak walau dengan kondisi kerja yang memprihatinkan, upah yang sedikit, karena daya tawar mereka yang lemah karena mereka tidak dapat bergabung dengan serikat pekerja.

Apa yang dimaksud dengan kerja paksa terkait hutang?

Kerja paksa terkait hutang adalah ketidakbebasan pekerja untuk berpindah kerja ataupun dipaksa untuk bekerja melebihi kapasitasnya, dengan alasan tidak mampu membayar hutang. Pemaksaan kerja terkait hutang adalah salah satu contoh dari kerja paksa, dan hal tersebut dilarang oleh UU Ketenagakerjaan.

Apa yang dapat dilakukan oleh pekerja apabila pengusaha melakukan praktik kerja paksa?

Jika sebuah perusahaan garmen melakukan praktik kerja paksa, maka pekerja dapat melakukan langkah sebagai berikut:

- Pekerja dapat langsung melaporkan ke pengawas ketenagakerjaan yang ada di dinas tenaga kerja tingkat provinsi.

Loading...