Rotasi Pekerjaan Penting Bagi Karier.

Bukan cuma dalam ilmu fisika, dalam dunia kerja, kita juga mengenal istilah rotasi atau mutasi kerja.. Hmmm… jangan pernah takut pada rotasi di lingkungan pekerjaan. Dalam dunia kerja, rotasi pekerjaan justru diangap sebagai salah bentuk pengembangan potensi karyawan yang efektif.

Memang, buat para pekerja yang sudah cukup lama meniti karier, rotasi menimbulkan ketakutan tersendiri. Betapa tidak… mereka merasa takut dengan adanya perubahan. Pemicunya, mereka sudah dalam kondisi comfort zone alias sudah merasa nyaman dengan pekerjaaan maupun lingkungannya. So, takut pada tantangan baru.

Sejatinya, di mata Dosen Psikologi Industri dan Organisasi, Universitas Indonesia , Tulus Radikun, rotasi merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan potensi karyawan. Apalagi, bila keterampilan di tempat kerja yang baru memang dibutuhkan dan merupakan prasyarat untuk mencapai target ketrampilan sesuai rencana pengembangan karyawan yang bersangkutan.

Rotasi juga bisa digunakan untuk prasyarat bagi karyawan untuk dapat menjalankan tugas dengan baik pada jabatan yang lebih tinggi. Bahkan, rotasi dipercaya bisa mengatasi kejenuhan atau depresi gara-gara pekerjaan yang itu-itu saja…,” imbuh Tulus.

Selain bisa dijadikan sarana evaluasi penugasan karyawan, rotasi dalam dunia kerja, diyakini bisa meningkatkan produktivitas kerja, melahirkan kreatifitas dan mengobarkan kembali semangat kerja yang hampir padam.

Jangan Takut dirotasi

Meski sangat bermanfaat, masih banyak perusahaan yang belum menerapkan kebijakan rotasi secara berkala. Alasannya beragam. Diantaranya, rotasi kerap menuai protes. Akibatnya, saat dirotasi kinerja karyawan sangat menurun. Itu sebabnya, sebelum rotasi, karyawan harus mendapat sosialisasi dan pelatihan atau orientasi di bidang kerja yang baru.

Buat perusahaan, rotasi jabatan bisa dimanfaatkan untuk mengetahui potensi setiap karyawan, sehingga perusahaan dapat menempatkan karyawan sesuai dengan potensi yang dimiliki. Selain itu karyawan mendapatkan pengetahuan baru yang sesuai dengan potensinya. Jadi, jangan ragu lagi, jika akan dirotasi jabatan maupun pekerjaan!