“Timeline” Penerapan Tatanan Kebiasaan Baru

Untuk memulihkan roda ekonomi agar bisa kembali berjalan normal, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sudah menyusun tahapan atau fase pembukaan kegiatan bisnis dan industri pasca-penyebaran pandemi Covid-19. Berbagai hal dipersiapkan dalam menjalani tatanan kebiasaan baru. Termasuk, mengatur waktu berbagai sektor untuk dapat kembali beroperasi. Berikut jadwalnya, seperti dilansir dari Kompas.com.

Fase 1 (1 Juni)

Industri dan  jasa dapat beroperasi dengan protokol kesehatan Covid-19. Sementara itu, pusat perbelanjaan/mal belum boleh beroperasi, kecuali toko penjual masker dan fasilitas kesehatan.

Fase 2 (8 Juni)

Toko dan pasar diperbolehkan buka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Fase 3 (15 Juni)

Pusat perbelanjaan/mal tetap seperti fase 2, tetapi ada evaluasi pembukaan salon, spa, dan lainnya. Tetap dengan protokol kesehatan Covid-19 sekolah dibuka tetapi dengan sistem shift.

Fase 4 (6 Juli)

Pembukaan kegiatan ekonomi dengan tambahan evaluasi untuk pembukaan secara bertahap restoran, kafe, bar, dan lainnya dengan protokol kebersihan yang ketat. Serta, kegiatan ibadah diperbolehkan dengan jumlah jamaah dibatasi.

Fase 5 (20-27 Juli)

Evaluasi untuk 4 fase dan pembukaan tempat-tempat atau kegiatan ekonomi dan kegiatan sosial berskala besar Akhir Juli/awal Agustus 2020 diharapkan seluruh kegiatan ekonomi sudah dibuka.

 
 
 
Loading...