Tentang Perbandingan Upah Global

Upah Big Mac, Purchasing Power Parity (PPP), Koreksi PPP

Perbandingan Upah Global didasarkan pada pendapatan suatu kelompok pekerjaan yang berbeda dari negara-negara di seluruh dunia. Sebagian besar dari negara-negara di seluruh dunia memiliki mata uang nasional masing-masing. Wage Indicator menyajikan pendapatan ini sebagai Cek Gaji di situs nasional Gajimu.com dalam mata uang Rupiah. Di Eropa, Cek Gaji dibuat  dalam dalam mata uang euro.

Purchasing Power Parity (PPP)

Agar pendapatan antar negara dapat dibanndingkan dengan baik, kita harus bertanya pada diri kita, apa nilai dari gaji atau upah itu sendiri. Kita dapat mengekspresikan nilai gaji tersebut dari segi harga pembelian kebutuhan sehari-hari: Apa yang dapat dibeli oleh gaji yang Anda peroleh. Gaji Anda mungkin dapat bernilai lebih atau justru kurang di negara lain. Karena harga komoditas yang sama akan berbeda di negara lain dibanding di negara sendiri. Kekuatan daya beli dari gaji Anda tentunya akan berbeda di setiap negara. Dalam upaya untuk mendapatkan perbandingan kekuatan daya beli internasional yang realistik, kita harus mengaplikasikan trik perhitungan. Dan itulah yang dilakukan oleh Wage Indicator. Agar perbandingan upah global menjadi masuk akal, kami mengaplikasikan nilai paritas daya beli (PPP) dengan nominal pendapatan. PPP merupakan kependekkan dari Purchasing Power Parit. Pendapatan yang disesuaikan dengan PPP dapat dibandingkan secara realistik.

Setiap negara mempunyai mata uang dan pendapatan nasional sendiri. Sebagai contoh untuk mendapat gambaran realistik mengenai kekuatan daya beli dari sebuah mata uang, mari bandingkan kurs negara kita dengan dolar, maka kita harus memikirkan mengenai nilai tukar dolar dari hari ke hari. Anda harus membuang pemikiran ini karena pikiran ini mengganggu. Ambil contoh negara X. Jika Anda mengkonversi harga lokal terhadap nilai tukar pada hari itu – Anda akan dapat membeli makanan yang layak seharga 2 dolar. Akan tetapi, pada hari yang sama, 2 dolar tersebut tidak akan dapat  membeli secangkir kopi di New York. Jadi, ada kesenjangan antara tingkat harga di negara X dan di New York. Untuk itulah, Anda mungkin bisa bertahan hidup dengan 500 dolar sebulan di negara X, dan hanya bisa bertahan hidup beberapa hari di New York dengan hanya bisa makan hot dog, donat dan kopi. Untuk bertahan hidup di New York maka kita akan butuh pendapatan yang lebih tinggi dari 500 dolar per bulan.

Koreksi PPP

Koreksi PPP menghapuskan distorsi yang tidak realistik dari persamaan. Hal ini terkait dengan daya beli sebuah mata uang – dan untuk itulah penghasilan dibayarkan dalam mata uang lokal negara Anda – disesuaikan dengan tingkat harga nasional. Nilai penghasilan Anda yang disesuaikan PPP dihitung berdasarkan banyaknya barang-barang yang dikonsumsi, atau dapat dikatakan semua harga belanja kebutuhan Anda dikombinasikan. PPP menghubungkan pendapatan Anda dengan nilai komoditas dan jasa yang Anda beli di negara Anda – bukan di negara lain.

Nilai PPP yang digunakan oleh Wage Indicator adalah perkiraan-IMF. Perkiraan ini diperbarui secara teratur. Wage Indicator juga mengaplikasikan koreksi-PPP di semua negara yang berada di zona Euro. Meskipun semua negara-Euro menggunakan mata uang yang sama, akan tetapi pendapatan dan harga nasional berbeda di tiap negara. Ini membuat koreksi PPP dibutuhkan jika hasil dari perbandingan internasional antara negara-negara ini menjadi bermakna, contohnya didasarkan dari daya beli pendapatan Anda di negara Anda.

Upah Big Mac

 

Upah Big Mac merupakan suatu alternatif cara untuk membandingkan kekuatan daya beli mata uang yang berbeda. Daftar kekuatan daya beli Big Mac diterbitkan oleh Majalah Economist setiap. Hal ini dibuat berdasarkan biaya hamburger "Big Mac" di restoran McDonald di seluruh dunia yang mengklaim bahwa setiap Big Mac memiliki ukuran dan kualitas yang sama di setiap negara – meskipun begitu, harga tetap berbeda di setiap negara. Harap dicatat bahwa angka ini dimaksudkan untuk tujuan informatif dan belum tentu mewakili harga di setiap restoran tertentu di negara tertentu. Ini tidak berarti bahwa Wage Indicator mendorong pengunjung untuk makan Big Mac. Harga Big Mac yang digunakan dalam statistik WageIndicator dikumpulkan pada Januari 2012.