Soraya Anggita (25 tahun), Sekretaris

Soraya yang biasa dipanggil Oya mengawali karirnya sebagai seorang Receptionist, 2 tahun berbekal pengalaman sebagai receptionist, Oya memberanikan diri untuk melamar menjadi sekretaris di sebuah perusahaan interior design yang kecil. Tidak disangka-sangka ternyata Oya berhasil lolos seleksi dan sekarang dia telah berprofesi menjadi sekretaris selama hampir 1 tahun. Berbeda dengan pekerjaan receptionist, sekretaris mempunyai tanggung jawab yang lebih besar yakni sebagai tangan kanan atasan dalam mengatur aktivitas perusahaan dan sebagai perantara antara atasan dengan pihak-pihak yang ingin berhubungan dengan atasan. “Kalau mau dijabarkan pekerjaan saya biasanya arrange schedule appointment/meeting boss, korenspondensi, persiapan penyelenggaraan rapat, menyusun administrasi/pembukuan perusahaan” lanjut Oya.

Gaji Oya juga sangat mencukupi kebutuhannya yaitu sebesar Rp. 4.500.000 sudah termasuk uang transport dan makan. Karena masih single, Oya tidak berkeluh mengenai gaji kurang atau jam kerja yang melebihi batas standart. “Itulah bedanya kalau melakukan pekerjaan karena terpaksa dan tidak, saya betah sekali di kantor ini,jadi mau lembur juga saya melakukannya dengan senang hati. Karena perusahaan kecil semua disini seperti keluarga, untuk soal pakaian juga tidak setiap hari harus berpakaian formal, kaya hari ini pakaian saya santai kan? Pokoknya disini saya happy deh!” cerita Oya.

Sepengetahuan Oya, perusahaannya mematuhi peraturan Undang-Undang Tenaga Kerja dengan baik. Jam kerja 40jam/minggu, dapat cuti, dapat JAMSOSTEK, dapat uang lembur dan uang transport. Tidak terlintas di pikiran Oya untuk pindah kerja, memang terkadang Oya sering dibuat stress oleh pekerjaan tapi itu merupakan suatu hal yang wajar bukan?

Oya aktif mengunjungi www.gajimu.com semenjak 2 bulan yang lalu dengan alasan dia menyukai tulisan-tulisan yang ada di gajimu terlebih bagian decent work. Oya suka karena formatnya FAQ jadi lebih mudah dipahami. Oya juga mengetahui bahwa yang membiayai www.gajimu.com adalah WageIndicator organization dari Belanda dan tersebar di seluruh dunia. Oya mengatakan, “Salut deh buat WageIndicator bisa biayain website segitu banyak! Terus dipromosikan ya, meskipun terkadang awareness masyarakat Indonesia itu kurang mengenai hal ini tapi tetap berusaha mengubahnya”

Satu pesan untuk www.gajimu.com agar situsnya bisa dibuka dengan cepat di handphone atau BlackBerry. Dan pesan dari Oya untuk para pengguna fasilitas salary survey, “Jangan mau cek gajinya aja, isi juga surveynya ya biar datanya semakin akurat dan sudah saatnya pekerja sekarang tau tentang gaji,pekerjaan dan hokum tenaga kerja”.

<<<Previous